KEGIATAN PONDOK RAMADHAN KELAS OLEH IQTARA RIZQY KAYLANISSA


Assalamualaikum Wr. Wb.
Hai...teman-teman, kembali lagi bersama saya Iqtara Rizqy Kaylanissa. Kali ini saya akan membuat cerita kegiatan pondok ramadhan kelas 5. Semoga cerita ini menghibur kalian.


KEGIATAN PONDOK RAMADHAN KELAS 5

Pada hari Selasa, 28 Mei 2019, kelas 5 melakukan kegiatan Pondok Ramadhan di sekolah. Semua siswa-siswi sangat senang, karena hari yang ditunggu-tunggu telah tiba. Siswa dan siswi diharapkan membawa buku, untuk mencatat hal-hal penting yang disampaikan oleh ustadz dan ustadzah. Kegiatan Pondok Ramadhan kelas 5 bersamaan dengan kelas 2. Pondok Ramadhan dilaksanakan mulai pukul 07.00-20.00 WIB.

Sekitar pukul 07.00 WIB, kami pergi ke mushola perempuan untuk shalat duha dan mencatat ceramah oleh ustadzah. Sesampainya kami di mushola, kami mengambil wudhu dan shalat duha. Seusai shalat duha kami mendengarkan ceramah dari Bu khuzaimah bercerita tentang menghormati orang tua dan guru.

Ceramahnya berisi saat disekolah kita harus menghormati bapak ibu guru. Beliau yang memberi ilmu kepada kita. Bapak dan ibu guru adalah orang tua disekolah. Jika kita bertemu dengan beliau dijalan kita harus menyapa dengan salam. Sedangkan orang tua dirumah adalah ayah dan ibu. Terutama untuk ibu, ia yang telah mengandung kami selama 9 bulan dan melahirkan kami dengan tenaganya. Walaupun sakit ibu tetap memasakkan makanan demi anaknya. Sedangkan ayah, beliau adalah kepala keluarga. Kewajiban ayah adalah mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Setelah ceramah Bu Khuzaimah, kami diberi jam istirahat. Saat istirahat ada yang mengaji, bermain dan lainnya. Ada group TaTaDiSe yang bermainutup mata. Mereka terlihat bahagia. Waktu istirahat hanya setengah jam. Seuasai istirahat, kami kembali ke mushala untuk mendengarkan dan mencatat ceramah dari Bu Vian.

Ceramahnya berisi puasa adalah menahan lapar, dahaga, dan bisikan syetan dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Ada syarat sah dan wajib puasa salah satunya beragama islam. Untuk berbuka makanan yang disunnahkan adalah kurma, karena kurma adalah makanan kesukaan Rasulullah SAW. Zakat adalah sejumlah harta tertentu yang diwajibkan Allah SWT untuk diserahkan kepada orang yang berhak. Zakat dibagi 2, yaitu zakat fitrah dan maal. Orang yang memberi zakat disebut Muzakki. Orang yang menerima zakat disebut mustakhiq. Mustakhiq dibagi 8, yaitu:
1.    Fakir                                              5. Kisabilillah
2.    Miskin                                            6. Orang berhutang
3.    Pengurus zakat (amil)                      7. Budak
4.    Mu’alaf                                           8. Ibnusabil
Ketentuan memberi zakat sebanyak 2,7 kg untuk beras dan uang Rp. 30.000,-. Ada juga syarat wajib zakat:
1.    Merdeka
2.    Islam
3.    Berakal
4.    Harta yang dizakati mencapai nisab (senilai)
5.    Harta milik sepenuhnya
6.    Harta bukan hasil hutang

Setelah ceramah Bu Vian, dilanjutkan cermah dari Bu Ervin tentang tata cara berwudhu (fardhunya Wudhu) ada 6
1.    Niat ketika membasuh muka
2.    Membasuh muka
3.    Membasuh kedua tangan sampai siku
4.    Mengusap sebagian kepala
5.    Membasuh kedua kaki sampai mata kaki
6.    Tertib/urut

Dilanjutkan oleh ceramah dari Bu Maya tentang shalat. Shalat adalah ibadah yang terdiri dari bacaan dan gerakan. Untuk orang berhaji kebanyakan shalat di pesawat. Cara berwudhunya dengan tayamum. Jika kita ketinggalan shalat, kita langsung mengikuti gerakan imam. Seusai ceramah dari Bu Maya, kami pulang untuk istirahat dan mandi pukul 12.30 WIB.

Kami kembali lagi ke sekolah pukul 14.30 WIB dalam keadaan sudah berwudhu. Ketika terdengar adzan, kami pergi ke mushala perempuan dan melakukan shalat ashar berjamaah yang imamnya adalah Pak Krisna. Seusai shalat ashar berjamaah, kami pergi ruang pondok Ramadhan di kelas 1A dan 1B. Disana kami tadaruz Al-Qur’an bersama Ustadz Abdullah. Kami juga diajarkan hukum-hukum tajwid.


Setelah itu kami istirahat. Saya dan Nadya bermain bersama TaTaDiSe. Kami dipanggil Pak Bakri untuk masuk kelas 3C, memilih tempat duduk untuk bebuka puasa. Tidak lama kemudian, kami diutus untuk duduk dikarpet di lapangan. Pak Bakri memilih siswa-siswi untuk membagikan Takjil. Yang dipilih adalah Dinda, Tarisha, Iqtara, Azka, Zaha, dan Hasbi. Kami membagikan takjil hanya sebentar. Kami kembali lagi ke ruang kelas 3C. Saat masuk ruang kelas 3C, kami diutus mengambil es buah satu per satu.

Terdengar adzan maghrib, kami hanya boleh minum air putih untuk membatalkan puasa. Kami pergi ke ke halaman untuk shalat maghrib berjamaah. Seusai shalat maghrib berjamaah, kami pergi ke ruang kelas 3C untuk berbuka puasa bersama. Saya berkelompok dengan Nadya dan Mishel.
Setelah berbuka kami bermain kembang api bersama. Dilanjutkan dengan shalat Tarawih 8 rakaat ditambah shalat witir 3 rakaat. Setelah itu kami pergi ke ruang kelas 1A untuk berkemas persiapan pulang. Kami pergi ke ruang kelas 3C untuk berdo’a. Disana kami diberi pengumuman untuk besok oleh pak bakri.
           
           Kesan saya untuk kegiatan ini adalah saya sangat senang dapat berbuka bersama teman-teman. Kami bermain kembang api bersama. Semoga kegiatan ini tidak dapat terlupakan.

0 Response to "KEGIATAN PONDOK RAMADHAN KELAS OLEH IQTARA RIZQY KAYLANISSA"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel