KEGIATAN LOMBA GUSLAH SEKOLAH DASAR TAHUN 2019 KARYA IQTARA RIZQY KAYLANISSA


Assalamualaikum Wr. Wb.

Perkenalkan nama saya Iqtara Rizqy Kaylanissa. Kali ini saya akan membuat cerita dalam kegiatan Lomba Gugus Sekolah Dasar Tahun 2019.

LOMBA GUGUS SEKOLAH DASAR TAHUN 2019

Hari ini hari Sabtu, 22 Juni 2019. Di sekolah kami SDN DITOTRUNAN 01 LUMAJANG diadakan lomba gugus sekolah (guslah) tingkat SD. SDN DITOTRUNAN 01 termasuk guslah 1 yang terdiri dari SDN DITOTRUNAN 01 LUMAJANG, SDN JOGOYUDAN 01 LUMAJANG,  SDN JOGOYUDAN 02 LUMAJANG, DAN SDN ROGOTRUNAN 02 LUMAJANG. Tim penilai/tim juri dipimpin oleh Drs. Syamsul Arifin dan Drs. Eko Hermanto.

Sekolah kami adalah sebagai SD inti, dimana untuk menyambut acara lomba ini, sekolah kami telah merangkai berbagai kegiatan dan atraksi-atraksi menarik dalam penyambutan tim juri nanti. Diantaranya yaitu peragaan senam Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) bersama, tarian, atraksi ekstrakulikuler karate, dan nyanyian. Para siswa ikut berpartisipasi dalam menyambut acara ini. Saya dan Nadya menjadi tim yang akan memasukkan kegiatan ini ke E-Tematik. Jihan dan Tarisha menjadi wartawan cilik. Fakhry menjadi Tim Fotografer. Tim Panggung, ada Fairuz, Azka, Hasbi, dan Baskoro. Untuk Maya, Zaha, Keisha, Keisyah, Callysta, dan Andira menjadi Tim UKS.

Sekitar pukul 07.30 WIB juri memotong tali yang dirangkai bunga melati dan mawar yang dibawakan oleh pocil.
Setelah tali tersebut dipotong, Fairuz memimpin pasukan untuk tepuk hebat. Pada saat itulah juri memakai kalung yang juga dirangkai bunga melati dan mawar. Juri berjalan di ikuti pocil dan siswa siswi pun bersalaman dengan menyanyikan lagu Selamat Datang. Fairuz memimpin pasukan untuk hadap serong kanan kiri. Pasukan putri berlari dan menempat di sebelah pasukan putra. Juri dipersilahkan duduk di tempat yang sudah disiapkan.

Fairuz memimpin pasukan untuk tepuk SDN DITOTRUNAN 01, tepuk SISWA SDN DITOTRUNAN 01, tepuk PPK, salam PPK, dan tepuk ding dong. Senam CTPS pun dimulai. Meisya, Mishel, dan Wanda yang memimpin senamnya.
Fakhry, Jihan dan Tarisha mengambil dokumentasi dari kegiatan senam. Juri sangat terhibur dengan senam yang dilakukan oleh siswa kelas 5. Saat selesai senam, Fairuz memimpin pasukan untuk bubar. 2 barisan juga diikuti barisan lainnya berjalan memutari lapangan dan kembali baris.

Terdengar suara yang merdu, juri bingung dari mana asal suara tersebut. Diajeng Roro Sekartaji, artis cilik Lumajang berjalan menuju panggung sambil melambaikan tangannya kepada juri. Siswa siswi kelas 5 ikut bernyanyi dan bertepuk tangan. Artis cilik tersebut menyanyikan lagu Mars SDN DITOTRUNAN 01 LUMAJANG dan Meraih Bintang.
Seusai artis cilik tersebut bernyanyi, bu Asiyah sebagai pembawa acara memberitahu rangkaian acara. Acara selanjutnya doa yang dipimpin oleh Ustadz Habib. Saatnya menyanyikan lagu Indonesia Raya, Bu Wuri menjadi dirigennya. Para tamu, juri, siswa siswi kelas 5 berdiri untuk menyanyi lagu Indonesia Raya.

Acara selanjutnya, sambutan kepada kepala sekolah SDN DITOTRUNAN 01 LUMAJANG, yaitu Bapak Muhammad Yusuf. S.Pd. yang menjelaskan bagian-bagian sekolah.
Saat itulah Wartawan cilik mewawancarai Juri. Sedangkan Fakhry meliput kegiatan wawancaranya. Inilah hasil dari wawancara Jihan dan Tarisha dengan juri.

Juri Pertama:
1.    Nama: Drs. Syamsul Arifin
2.    No. WA: 085-235-783-6**
3.    Kesan datang ke SDN DITOTRUNAN 01 LUMAJANG: Sekolah paling berprestasi dan sarana sangat bagus
4.    Alamat rumah: Jl. Nanas 174, Lumajang
5.    Tempat Dinas: KPP Kecamatan Senduro
6.    Tujuan datang ke SDN DITOTRUNAN 01 LUAMJANG: Menilai lomba guslah tingkat Kabupaten Lumajang tahun 2019

Juri Kedua:
1.    Nama: Drs. Eko Hermanto
2.    No. WA: 081-615-729-8**
3.    Kesan datang ke SDN DITOTRUNAN 01 LUMAJANG: Sangat baik
4.    Alamat rumah: RT 1 RW 10 Desa Pulo Kecamatan Tempeh
5.    Tempat Dinas: Pengawas KPP Kecamatan Candipuro
6.    Tujuan datang ke SDN DITOTRUNAN 01 LUMAJANG: Menilai lomba guslah tingkat Kabupaten Lumajang tahun 2019

Wawancara dengan Ka UPT:
1.    Nama: Bapak Hery Wulianto
2.    No. WA: 085-331-468 0**
3.    Kesan datang ke SDN DITOTRUNAN 01 LUMAJANG: SDnya bagus, anaknya ramah, banyak prestasinya
4.    Alamat Rumah: Jl. Semeru no. 5 Kencong, Jember
5.    Tempat Dinas: KPP Kecamatan Lumajang
6.    Tujuan datang ke SDN DITOTRUNAN 01 LUMAJANG: Mengahadiri pelaksanaan lomba guslah


Acara selanjutnya, sambutan oleh UPT dan nantinya akan dilanjutkan dengan atraksi ekstrakulikuler karate oleh Durottun Nafisa R.H. dan Bagas Raditya. Selanjutnya, adalah sambutan kepada dewan juri yaitu Drs. Eko Hermanto.


Seusai sambutan oleh dewan juri, inilah penampilan Tari Pitik Walik yang dibawakan oleh siswi kelas 3 sebagai acara penutup.

Acara selesai, kami pun bubar dan beristirahat di kelas masing-masing. Juri berkeliling menuju Lobby sekolah kami dan Kantor Kepala Sekolah. Di depan kelas 3, terdapat Bazar yang berisi karya-karya Wali Murid. Ada Batik, anyaman membuat ketupat, dan lainnya. Juri juga berkeliling melihat pembelajaran siswa kelas 3 dan 5.


Terima kasih kepada dewan juri yang telah datang ke SDN DITOTUNAN 01 LUMAJANG. Acara ini sudah menjadi kegiatan rutin oleh pihak dinas pendidikan dan juga kebudayaan dengan tujuan meningkatkan motivasi pembina, pendidik, dan kinerja gugus sekolah.

Sampai di sini saja cerita dari saya. Semoga SDN DITOTRUNAN 01 LUMAJANG memenangkan perlombaan guslah ini...amiin.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

0 Response to "KEGIATAN LOMBA GUSLAH SEKOLAH DASAR TAHUN 2019 KARYA IQTARA RIZQY KAYLANISSA"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel