MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN 1440 H OLEH IQTARA RIZQY KAYLANISSA


PERSIAPAN MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN 1440 H



Assalamualaikum Wr. Wb.
Nama saya Iqtara Rizqy Kaylanissa. Saya dari SDN DITOTRUNAN 01 LUMAJANG. Saya kelas 5 dengan no. absen 15. Kali ini saya membuat cerita Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan.





Tidak terasa Bulan Suci Ramadhan hampir tiba. Sangatlah bersyukur sekali kita dipertemukan lagi dengan bulan suci ramadhan ini bersama dengan keluarga tercinta. Rasa senang yang saya rasakan dalam menyambut bulan suci ramadhan tahun ini. Bulan dimana semua amal ibadah kita dilipat gandakan oleh Allah SWT. Sudah menjadi kebiasaan keluarga kami dalam menyambut bulan suci ramadhan, yaitu berziarah kemakam nenek buyut kita, untuk mendoakan orang-oarag yang telah meninggalkan kita. Selain itu keluarga saya mengadakan selamatan dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan.

Untuk menyambut bulan suci ramadhan ini, tidak lupa kita menyiapkan kemantapan fisik dan hati kita. Kita menjalankan ibadah harus dengan semangat dan senang hati. Rasa senang menjalankan ibadah tarawih dilanjutkan dengan tadaruz Al-Qur’an. Jadwal tadaruz Al-Qur’an di tempat mengaji saya dari pukul 14.00-15.00 WIB, sedangkan untuk jadwal di mushola dimulai setelah selesai shalat Tarawih sampai dengan pukul 21.00 WIB.

Dengan niat yang khusuk kita memulai hari pertama puasa, rasa haus pastilah datang, badan lemas, bila rasa itu datang saya segera tidur atau diisi dengan kegiatan yang tidak melelahkan.Hari demi hari puasa akan terlalui dengan tidak terasa bila diisi dengan kegiatan-kegiatan yang positif.

Senang sekali saya menjalankan ibadah puasa Ramadhan ini, karena puasa bisa melatih kita menahan diri dari emosi, mengingatkan kita untuk lebih bersyukur atas nikmat Allah SWT, bisa merasakan rasa lapar dan haus yang dirasakan oleh orang-orang miskin, sehingga bisa mendorong kita untuk lebih banyak bersedekah.

Shalat Tarawih yang orang lakukan setelah shalat Isya’  bisa dikerjakan sendiri-sendiri ataupun berjamaah. Shalat Tarawih hukumnya sunnah muakad. Ada beberapa amalan yang disunnahkan di bulan Ramadhan, diantaranya:

1.    Mengkhatamkan Al-Qur’an.
Dalam sebuah hadist diceritakan, malaikat Jibril mendatangi Rasulullah SAW pada tiap malam bulan Ramadhan dan mengajarkannya Al-Qur’an.
2.    Memperbanyak sedekah. Karena sebaik-baiknya sedekah adalah sedekah di buklan suci ramadhan.
3.    I’tikaf. I’tikaf adalah berdiam diri di masjid untuk beribadah kepada Allah.

4.    Umrah. Pada bulan Ramadhan adalah waktu terbaik untuk melaksanakan ibadah umrah.
5.    Memperbanyak membaca do’a. Do’a seseorang ketika berbuka termasuk salah satu do’a yang ampuh.

Harapan untuk Bulan Suci Ramadhan tahun ini adalah menjadikan manusia lebih baik lagi, dapat mempererat tali persaudaraan antarumat islam, lebih bersyukur atas nikmat Allah SWT, dan bisa merasakan lapar dan haus yang dirasakan orang yang tidak mampu.

0 Response to "MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN 1440 H OLEH IQTARA RIZQY KAYLANISSA"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel