ASAL MULA TELAGA BIRU DISERTAI SOAL OLEH IQTARA RIZQY KAYLANISSA


ASAL MULA TELAGA BIRU


Assalamualaikum Wr. Wb.
Nama saya Iqtara Rizqy Kaylanissa. Saya dari SDN DITOTRUNAN 01 LUMAJANG. Saya duduk di kelas 5 dengan no. absen 15. Pada kali ini saya membuat cerita fiksi berjudul ASAL MULA TELAGA BIRU.



Dahulu kala penduduk Lisawala, Halmahera Utara dihebohkan dengan air yang memancar di sela-sela bebatuan. Semakin lama air itu semakin besar dan menjadi sebuah telaga. Penduduk menggelar upacara adat untuk menggelar misteri air ini. Karena di daerah yang kesulitan air tiba-tiba muncul sebuah telaga.

Ternyata, munculnya telaga disebabkan adanya seseorang mengalami patah hati, ia meneteskan air mata, dan mengalir menjadi sumber air. Penduduk Dusun Lisawa dihimbau melalui Dolodolo (kentongan). Semua orang berkumpul, dan seseorang memberikan 1 pertanyaan kepada penduduk Lisawa, yaitu “ Siapa diantara kalian yang tidak hadir disini dan tidak ada sama sekali di rumah?”. Terdapat 2 keluarga yang kehilangan salah satu anggotanya. Karena enggan menyebutkan nama kedua anak itu. Mereka memanggil dengan panggilan umum orang Galela, yakni majojaro (nona) dan magohiduru (nyong).

Majojaru meninggalkan rumah sejak 2 hari yang lalu. Sedangkan orang tua Magohiduru mengatakan anaknya sudah 6 bulan pergi merantau ke negari orang. Majojaru dan Magohiduru sudah lama menjalin kasih. Saat, Magohiduru akan merantau ke negeri orang, mareka berjanji akan tetap setia. 6 bulan berlalu sejak Magohiduru pergi. Majojaru tetap setia menunggu. Namun, badai yang dasyat menenggelamkan kapal yang ditumpangi oleh Magohiduru. Pemuda itu tewas di tengah laut. Kabar ini sudah menyebar di Dusun Lisawa. Majojaru lunglai dan terjatuh.

Dalam kesedihan yang mendalam, Majojaru berjalan mencari tempat untuk menenangkan hatinya. Ia duduk lama di bawah pohon beringin. Air  mata yang mengalir deras tak dapat ditahan lagi hingga menenggelamkan segala yang ada di bawah pohon beringin termasuk dirinya. Banjir air mata telah membentuk telaga kecil. Airnya sebening air mata dan warnanya sebiru pupil mata nona endo Lisawa. Mereka berikrar selamanya akan menjaga dan memelihara Telaga Biru itu.

SETELAH MEMBACA CERITA DIATAS, JAWAB PERTANYAAN DIBAWAH INI!

1.    Apa judul cerita diatas?
2.    Apa sebutan kentongan di Dusun Lisawa?
3.    Sebutan nona bagi orang Galela yaitu ....... .
4.    Sebutan nyong bagi orang Galela yaitu ......... .
5.    Berapa lama Majojaru meninggalkan rumah?
6.    Apa yang menyebabkan kapal yang ditumpangi Magohiduru tenggelam?
7.    Di mana ia duduk untuk menenangkan hatinya?
8.    Mengapa segala yang ada dibawah pohon dan Majojaru tenggelam?
9.    Airnya sebening air mata dan warnanya sebiru .......... .
10. Apa isi ikrar Majojaru dan Magohiduru?

SEBELUM MELIHAT KUNJI JAWABAN, CEK TERLEBIH DAHULU JAWABANMU!


1.    Asal Mula Telaga Biru
2.    Dolodolo
3.    Majojaru
4.    Magohiduru
5.    2 hari
6.    Badai yang dasyat
7.    Di bawah pohon beringin
8.    Air mata yang mengalir deras dan tak dapat ditahan
9.    Pupil mata nona endo Lisawa
10. Menjaga dan memelihara Telaga Biru

0 Response to "ASAL MULA TELAGA BIRU DISERTAI SOAL OLEH IQTARA RIZQY KAYLANISSA"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel